Sejarah

Kamis, 13 Maret 2014

PERSIB Ulang Tahun ke-81

Hari ini, 14 Maret, PERSIB tepat merayakan hari ulang tahun (HUT). 81 tahun yang lalu, sebuah klub sepak bola didirikan di kota Bandung yang ditandai dengan meleburnya Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetbal Bond (NVB) menjadi satu yakni PERSIB.

Cikal bakalnya PERSIB bermula pada 1920 saat kota Bandung memiliki Bandoeng Inlandische Voetbal Bond (BIVB) yang menjadi simbol perlawanan masyarakat bandung terhadap penjajahan kolonial pada masa itu. Bersama beberapa klub lain, klub berjuluk Maung Bandung ini turut menggawangi berdirinya PSSI.

PERSIB menjadi buah bibir dan melegenda di tengah masyarakat karena prestasinya. Klub berjuluk Maung Bandung ini sudah lima kali juara kompetisi Perserikatan. Sementara, turnamen yang bertaraf internasional yang dijuarai PERSIB adalah Pesta Sukan Brunei Darussalam II/1986 atau lebih dikenal dengan sebutan Piala Hassanal Bolkiah.

Usai era Perserikatan, PERSIB kembali menjadi kampiun di kompetisi profesional Liga Indonesia. Pangeran Biru langsung menjuarai edisi pertama tahun 1995 dengan mengalahkan Petrokimia Putra 1-0 di final.

Kini, PERSIB telah menjadi klub profesional dibawah PT PERSIB bandung bermartabat (PT PBB). Artinya, kini PERSIB telah menjadi klub sepak bola yang mandiri. Indonesia Super League (ISL) 2014 adalah kompetisi level tertinggi saat ini. Di usianya yang ke- 81, besar harapan Bobotoh untuk melihat PERSIB mengukir prestasi di ISL.

Selamat ulang tahun PERSIB! ***

persib.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar